Beberapa negara maju telah mengantongi jumlah pemasukan yang stabil dan bahkan terus bergerak naik setiap tahunnya. Pemasukan tersebut pun dihasilkan dari berbagai industri dan olahan hasil alam yang dimiliki. Otomatis dengan pemasukan yang besar ini pula, mereka dapat dikategorikan sebagai negara kaya berdasarkan dari total penghasilannya tersebut.

Ada beberapa faktor yang menentukan mengapa disebut sebagai 5 negara terbesar dan kaya. Faktor tersebut antara lain adalah GDP atau Gross Domestic Product hingga berbagai fasilitas yang mempermudah warga negaranya. Tingkat GDP adalah salah satu indikator yang menentukan seberapa sehat tingkat perekonomian suatu negara.

Inilah 5 Negara Dengan Pemasukan Terbesar Di Dunia

Berbicara tentang pemasukan negara, tak hanya dilihat dari pendapatan per kapitanya saja. Pendapatan nasional seperti dari ekspor impor atau pariwisata pun menjadi pertimbangan lainnya. Keseluruhan pendapatan ini selanjutnya akan dikalkulasi dengan pengeluaran negara yang ada.

Meskipun sebuah negara memiliki angka per kapita yang tidak besar, bukan berarti masyarakatnya tidak sejahtera. Negara seperti ini bisa saja memiliki pemasukan yang besar. Berikut adalah beberapa yang masuk dalam daftar negara berpemasukan terbesar di dunia.

  1. Qatar

    Negara Qatar
    Negara Qatar

Dari kawasan Timur Tengah, Qatar menjadi negara dengan pemasukan terbesar sekaligus terkaya, termasuk di seluruh dunia. Perubahan Qatar yang dulunya desebut sebagai negara miskin mampu membuat negara lain iri dan tercengang.

Pemerintahan Qatar dikelola dengan sangat baik dimana tingkat pengangguran kecil, peniadaan pajak, bantuan rumah, serta  biaya air, listrik, dan pendidikan yang serba gratis tanpa dipungut bayaran. Disamping itu, negara ini juga merupakan pengekspor gas terbesar dan memiliki saham Harrods London.

  1. Luksemburg
Negara Luksemburg
Negara Luksemburg

Tinggal sebagai warga luksemburg memiliki hidup yang berada pada kata nyaman dan tentram. Pasalnya, negara kecil yang ada di benua Eropa ini memberikan fasilitas pendidikan gratis, kemudahan transportasi, hingga kesehatan yang terjamin. Lingkungan di negara ini juga bersih dan nyaman untuk ditinggali.

  1. Singapura
Negara Singapura
Negara Singapura

Singapura adalah negara kecil yang berseberangan dengan pulau Sumatera, Indonesia. Negara ini tak memiliki penghasilan alam yang besar namun ia mampu menjadikannya kaya dan mendapatkan pemasukan yang besar. Sejak merdeka pada tahun 1965, pertumbuhan ekonomi Singapura yang dikelola sedemikian rupa hingga perlahan menanjak naik dari tahun ke tahun.

Usaha perbankan, bisnis elektronik, manufaktur kapal hingga perdagangan internasional lainnya adalah pemasok dana negara yang berperan cukup besar. Selain itu, investasi yang terjadi di negara ini juga berperan penting dalam ekonomi negara.

Kehidupan ekonomi masyarakat di Singapura ini pun terbilang layak, bahkan kelas menengah sekalipun.

  1. Brunei Darussalam
Negara Brunei Darussalam
Negara Brunei Darussalam

Negara yang masih satu pulau dengan Indonesia, yaitu kalimantan, ternyata juga berpemasukan besar. Pemasukannya berasal dari gas dan minyak yang menjadi pendapatan terbesarnya.

Selain dari kedua hasil alam tersebut, sektor pariwisata, industri dan lain sebaginya juga ikut andil dalam menyumbang pemasukan negara. Brunei Darussalam juga meniadakan pajak, terkecuali untuk perusahaan.

  1. Irlandia
Negara Irlandia
Negara Irlandia

Kemajuan ekonomi yang dimilki Irlandia membuat warganya hidup dengan layak dan sejahtera. Pemerintahan Orlandia memberikan pendidikan gratis untuk tingkat tinggi dan menengah, pajak yang rendah juga transparan, hingga kebijakan fiskal yang dijalankan dengan tertib.

Pemasukan negara Irlandia berasal dari industri kimia, farmasi, maupun alat-alat kesehatan juga komputer serta olahan makanan dan minuman. Banyak pula perusahaan berskala besar yang berinvestasi di Irlandia, contohnya Microsoft, IBM, dan eBay.

Baca Juga : Sexy Killer: Antara Politik dan Kepedulian Lingkungan

Dengan pendapatan per kapita yang dimiliki negara-negara tersebut, tentu akan membuat Anda juga ingin merasakan penghasilan sebesar itu, bukan? Peringkat yang diraihnya pun membuat Indonesia tertinggal jauh di urutan ke-100 sebagai negara terkaya di dunia. Meski begitu, Anda patut bangga dan mensyukuri bahwa Indonesia memiliki kekayaan budaya dan bahasa yang unik dan belum tentu dipunyai mereka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here