Saat ini ada banyak sekali peluang usaha atau bisnis yang dapat dijalankan oleh semua orang seperti internet marketing yang dapat dilakukan hanya melalui smartphone. Peluang usaha tidak hanya pada bisnis offline saja, kini banyak bisnis online dengan perkembangan lebih cepat.

Menjual serta menawarkan barang dengan cara online sekarang ini lebih diminati dan cepat mendapatkan respon dibandingkan promosi offline. Pekerjaan marketing juga dapat dilakukan secara online, ada banyak manfaat dari mempelajari marketing online untuk kemajuan bisnis. Simak lengkap tentang belajar internet marketing untuk pemula dengan mudah dan cepat.

Pertama Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa itu internet marketing? Internet marketing merupakan cara untuk memasarkan, memperkenalkan, dan mengiklankan produk/ jasa bisnis melalui media online atau internet sebagai sarananya. Anda bisa memulainya dengan membuat website maupun sosial media yang sedang populer sebagai wadah untuk melakukan pemasaran.

Beberapa sarana sosial media yang tengah populer saat ini seperti instagram, facebook, twitter, snapgram, website dan youtube. Sosial media ini sangat banyak diakses oleh seluruh kalangan dikarenakan mudah dan cepat. Jadi pemasaran dengan cara cenderung lebih tepat sasaran sesuai ekonomi pasar yang dituju. Ketika Anda menggunakan bisnis ini sebagai wadah pemasaran, Anda akan mendapatkan banyak keuntungan diantaranya:

Jangkauan pasar luas

Internet marketing mampu memberikan jangkauan pasar yang luas/ global, dari berbagai lapisan ekonomi dan bisnis antar negara. Anda dapat menembus pasar luar negeri dengan lebih mudah tanpa harus pergi ke negara tersebut hanya untuk melakukan promosi produk.

Saat ini masyarakat juga lebih menyukai pembelian barang – barang kebutuhan harian secara online dibandingkan dengan offline. Tak hanya itu, bisnis ini juga akan memudahkan Anda untuk melayani konsumen yang akan membeli produk. Serta memudahkan Anda menangani masalah komplain pelanggan secara cepat dan tepat. Interaksi dengan konsumen dapat dilakukan tanpa mengenal keadaan dan juga waktu.

Hemat Waktu & Tenaga

Marketing lebih menghemat anggaran promosi perusahaan/ bisnis perorangan tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi, akomodasi, dan pajak iklan untuk marketing. Internet marketing juga tidak membutuhkan sumber daya manusia yang banyak untuk melakukan tugas promosinya.

Baca Juga : Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi Tahun Baru 2020

Cukup 1 atau 2 orang saja untuk menangani promosi secara online sehingga menghemat pengeluaran salary. Akses internet 24 jam non stop dapat dilakukan oleh semua orang, sehingga proses penjualan & pemasaran produk tidak akan mengenal libur. Waktu yang tidak terbatas ini membuat pemasaran cepat tersampaikan kepada calon konsumen.

Meminimalisir Risiko

Jika Anda memiliki toko atau tempat dagang pastinya akan menjaga pengamanan yang ketat agar terhindar dari risiko kemalingan, kebakaran, kebanjiran dan sebagainya. Internet marketing mampu mengurangi risiko tersebut karena tidak membutuhkan lapak dagang secara real dan menumpuk stock barang terlalu banyak. Yang Anda perlukan hanya dengan me-manage usaha Anda secara online, seperti tampilan website atau toko Anda.

Sebagai internet marketing pemula Anda juga harus mengetahui ruang lingkup dari internet marketing itu sendiri, bagaimana cara untuk mempromosikan? Dimana produk itu dipasarkan agar memenuhi harapan penjualan? Ruang lingkup internet marketing meliputi sosial media, mesin pencarian, marketplace, video marketing, forum jual beli, dan masih banyak lagi.

Dan yang terakhir Anda harus merancang strategi dengan cara mencari riset pasar sebelum melakukan publishment. Anda juga harus siap memantau perkembangan marketing yang telah dilaksanakan, jangan sampai mononton atau berhenti pada satu strategi saja. Lakukan internet marketing dengan tema – tema yang sedang viral di masyarakat sehingga cepat diakses oleh orang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here