Seperti yang sudah banyak di ketahui, bahwa wabah virus corona ini bisa menyebar dari adanya kontak fisik secara langsung antara seseorang dengan seseorang yang baru saja berkunjung dari daerah asal muasal virus tersebut yaitu Wuhan, China. Hingga kini pun pihak medis juga sedang kewalahan karena sampai sekrang belum menemukan vaksin yang cocok dan dapat mencegah penyebaran virus tersebut, itulah sebabnya mengapa virus ini menjadi perhatian khusus dari Negara, terutama dari Negara-negara yang sudah positif terjangkit virus tersebut.

Sampai pada hari jum’at dini hari korban dari wabah virus corona bertambah menjadi 213 orang. Perlu diketahui bahwa pada awal tahun 2020 dunia di guncangkan dengan adanya wabah virus ini. Pada akhir bulan desember 2019, dapat diketahui bahwa virus ini berasal dari Negara China, tepatnya di daerah Wuhan.

Sebelumnya pada tanggal 29 Januari 2020 dari hasil data yang ada korban meninggal dari wabah virus ini berjumlah 132 orang dan telah menyerang lebih dari 5.974 orang sebelum akhirnya meningkat drastis seperti sekarang. Dari hasil data yang diperoleh sudah ada 16 Negara yang telah dimasuki oleh virus ini, yaitu Australia, Prancis, Jepang, Kanada, Thailand, Nepal, Malaysia, Korea Selatan, Singapura, Vietnam, Taiwan, Jerman, Sri lanka, Amerika Serikat dan Kamboja serta China. Dan setelah hampir 2 bulan mengkhawatirkan, akhirnya WHO atau organisasi kesehatan dunia menyatakan bahwa darurat global virus ini. dalam artikel beritut ini penulis akan memaparkan beberapa fakta menarik seputar WHO,yaitu.

WHO Tidak Memiliki Kekuatan Hukum

WHO memang tidak memiliki kekutan hukum berupa apapun, tetapi WHO ammpu untuk membantu masyarakat miskin dalam mengatasi wabah virus corona. Ternyata WHO telah belajar dari afrika dalam menangani wabah virus ebola. WHO memang tidak dengan mudah mengelurkan pernyataan nya tersebut, karena akan berpengaruh kepada sektor perekonomian, serta sudah bisa dipastikan bahwa negara lain akan memberikan batasan akses dengan Tiongkok dan akan menutup akses penerbangan ke Wuhan China.

WHO Tidak Meragukan Tiongkok

Dengan cepatnya virus ini berevolusi peneyebarannya, maka sudah banyak negara negara yang terjangkit dan terkena virus ini. oleh sebab itu WHO mengeluarkan deklarasi darurat global, namun kepala WHO menambahkan penjelasan lagi bahwa maksud dari eklarasi tersebut bukanlah untuk meragukan Tiongkok untuk mengatasi penyebaran virus tersebut, tetapi justru WHO sangat mengapresiasi Tiongkok karena kecepatannya dalam usaha menagatasi penyebaran virus ini yaitu dengan mengisosalasi salah satu kota nya yaitu Wuhan.

WHO Tidak Pernah Melarang Untuk Berpergian Ke Tiongkok

Walaupun sudah mengeluarkan deklasrasi tersebut, namun WHO tidak pernh melarang warganya untuk berpergian ke Tiongkok. Walaupun sudah ada bebrapa negara lain yang sudah menutup akses ke negara tersebut, dan ada yang sampai membatalkan penerbangan ke Wuhan. Sebenarnya WHO bukan pertama kali mengeluarkan deklarasi semacam itu, dulu di masa ada virus flu babi, ebola, zika, dan polip WHO pun pernah mengeluarkan deklarasi yang sama.

Baca Juga : Menkominfo Himbau Masyarakat Stop Menyebarkan Berita Hoaks Seputar Virus Corona

Apapun yang sudah di lakukan oleh WHO ini semua adalah semata-mata hanya untuk kebaikan dan untuk meminimalisasi penyebaran wabah virus corona. Karena virus ini tergolong virus yang cukup mematikan, terlebih belum di temukannya vaksin yang cocok yang dapat digunakan untuk mengurangi penyebaran virus tersebut. Oleh karena itu, tetap berhati-hatilah dan tetap waspada terhadap penyebaran virus tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here