Pemilihan presiden 2019 sudah usai, namun masih banyak saja masyarakat yang berselisih atas dasar kubu 01 atau kubu 02. Meski sejak pertemuan antara presiden terpilih Jokowi dan Prabowo, ketegangan yang ada sudah semakin mereda.

Pada 13 Juni 2019 lalu, Jokowi dan Prabowo akhirnya bertemu di stasiun MRT Lebak Bulus. Dengan sama-sama menggunakan kemeja putih, pertemuan ini merupakan pertemuan pertama keduanya sejak 13 April 2019 yaitu pada Debat Pilpres putaran terakhir.

Jokowi dam Prabowo bertemu kemudian mencoba MRT bersama di lanjutkan dengan makan siang di Sate Senayan di FX Senayan. Dalam pertemuan dan acara makan siang tersebut keduanya tampak akrab ketika berbincang bersama.

Rekonsiliasi dan Tanggapan serta Harapan Masyarakat

Dengan adanya pertemuan antara Jokowi dan Prabowo, hal tersebut semakin memperbesar peluang adanya rekonsiliasi. Rekonsiliasi memang diperlukan karena selama pemilu ini, masyarakat terpecah menjadi kubu 01 dan 02.

Meskipun pemilu sudah usai, tetapi dikotomi kubu 01 atau 02 masih ada. Presiden terpilih Jokowi juga kembali mempertegas bahwa pengkotak-kotakan akibat pilihan pilpres sudah usai, yang ada hanya satu Indonesia. Prabowo juga menambahkan bahwa pertemuan mereka merupakan wujud persatuan.

Beliau juga memastikan akan membantu pemerintahan Jokowi ataupun bisa saja mengkritiknya. Karena menurutnya, demokrasi juga butuh check and balance.

Tetap ada tanggapan pro dan kontra mengenai pertemuan Jokowi dan Prabowo ini, khususnya datang dari pendukung Prabowo. Ada yang tetap setia mendukung tetapi ada pula yang justru malah tidak lagi mendukung Ketua Umum Partai Gerindra ini.

Meskipun demikian, pertemuan antara dua kubu yang sebelumnya bersaing ini dinilai dapat mendinginkan suhu dan suasana politik usai pilpres 2019.

Tanggapan Masyarakat Atas Pertemuan Jokowi Prabowo

Lalu, bagaimana tanggapan sebenarnya dari masyarakat atas pertemuan Jokowi dan Prabowo? Bagaimana pula tanggapan mereka atas rekonsiliasi dan pemerintahan kedepannya?

Mengenai hal tersebut, CNNIndonesia.com telah melakukan beberapa wawancara kepada penduduk yang beraktifitas di sekitar Tanah Abang, Jakarta Pusat mengenai pertemuan antara Jokowi dan Prabowo.

Sugianto, misalnya. Pedagang yang berasal dari Jawa Tengah ini mengaku turut senang dengan adanya pertemuan Jokowi dan Prabowo. Menurutnya, situasi yang memanas apalagi sejak kerusuhan 21 dan 23 Mei lalu bisa mendingin karena pertemuan tersebut.

Namun ia merasa bahwa pertemuan tersebut tidak berdampak apa-apa bagi rakyat kecil seperti dirinya. Hal yang sama juga dirasakan oleh Muhammad Rifky yang bekerja sebagai ojek pangkalan di Tanah Abang.

Meskpun senang dengan pertemuan tersebut karena akhirnya kedua pihak bisa akur dan kerusuhan minim terulang lagi, rekonsiliasi tidak memberi dampak nyata bagi kehidupan sehari-harinya terutama berkaitan dengan pekerjaan atau penghasilannya.

Ada pula masyarakat yang tidak mementingkan dan tidak peduli dengan pertemuan atau rekonsiliasi antara pihak Jokowi dan Prabowo. Mereka berpendapat bahwa rekonsiliasi tidak akan menyelesaikan masalah rakyat kecil seperti mereka.

Mereka berkata bahwa yang penting bukanlah soal rekonsiliasi, tetapi soal bagaimana pemerintah dapat memajukan dan menyejahterakan masyarakat terutama rakyat-rakyat kecil.

Baca Juga : Sexy Killer: Antara Politik dan Kepedulian Lingkungan

Dampak positif rekonsiliasi memang bisa dirasakan, tetapi sekadar bertemu tidak akan menyelesaikan kemiskinan.

Dengan berbagai tanggapan yang ada dalam masyarakat, harapan mereka sebenarnya tetap sama. Mereka berharap pemerintah kedepannya dapat lebih baik dalam membangun masyarakat.

Pemerintah juga diharapkan dapat menyediakan lapangan pekerjaan karena masyarakat terutama pemuda masih banyak yang menganggur. Pembangunan fisik juga seharusnya bisa diimbangi dengan bantuan yang dapat dirasakan langsung oleh masyarakat kecil.

Selain itu, masyarakat juga berharap pemerintah dapat memperbaiki masalah ekonomi sehingga harga barang-barang tidak melonjak dan kemiskinan bisa diatasi sehingga kesejahteraan masyarakat juga dapat meningkat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here