Semakin mengkhawatirkan nya wabah virus corona di provinsi Hubei.  Hal ini berhasil membuat pihak pemerintahan tiongkok akhirnya memberikan kesempatan bagi Indonesia untuk bisa mengevakuasi sebanyak 243 WNI dari wilayah Hubei. Hal ini dikarenakan suasana Hubei semakin mencekam. Sehingga Pemerintah memutuskan untuk memulangkan WNI dari tiongkok.

Sehingga dalam waktu dekat Pemerintah melalui Kementerian Luar Negeri telah bersiap untuk memulangkan WNI ke Tanah Air. Namun, hal tersebut juga belum dapat dipastikan. Sebab belum diketahui secara pasti kapan proses evakuasi tersebut akan terlaksana serta penanganan bagi setiap WNI setelah tiba di Tanah Air.

“ Pemerintah RI telah bersiap untuk memulangkan WNI dalam waktu dekat. Saat ini, pihak pemerintah tengah mematangkan kesiapan dalam negeri serta memastikan pengelolaan logistik untuk mengevakuasi WNI dari tujuh Titik di Provinsi Hubei menuju tempat penjemputan” ujar kementerian luar negeri melalui keterangan tertulis pada hari kamis (30/1).

Proses pemulangan WNI dari wilayah Hubei tersebut memang harus segera dilakukan. Mengingat kondisi di wilayah Hubei juga sangat tidak kondusif. Hal ini dikarenakan semakin banyaknya korban yang berjatuhan dikarenakan meluasnya wabah virus corona pada wilayah tersebut. Pihak Pemerintah telah merencanakan untuk menyiagakan bandara di kota Wuhan. Hal ini dikarenakan pihak Pemerintah rencananya akan menjadikan bandara di kota Wuhan sebagai lokasi penjemputan WNI.

Kementerian Luar Negeri Menggandeng Sejumlah Instansi Dalam Mengevakuasi Ratusan WNI Dikarenakan Virus Corona

Kementerian luar negeri memberikan keterangan, bahwa mengenai proses evakuasi WNI tersebut, mereka telah menggandeng beberapa instansi terkait dalam negeri seperti TNI, Imigrasi, serta kementerian kesehatan.

Beberapa instansi tersebut diharapkan dapat membantu memudahkan proses pemulangan ratusan WNI dari beberapa titik di Provinsi Hubei. Dan hal tersebut memang salah satu fungsi serta tugas pokok yang harus dijalankan. Sementara, di daerah tiongkok sendiri, pihak KBRI Beijing juga telah berada di wilayah-wilayah terdampak untuk membantu proses evakuasi yang akan dilakukan.

Dengan semakin banyaknya korban yang berjatuhan dikarenakan wabah virus corona tersebut. para WNI yang berada di wilayah Hubei meminta pihak pemerintah untuk segera mengevakuasi mereka dari daerah tersebut. hal ini dikarenakan kondisi di sana sudah tidak kondusi dan semakin mencekam.

Baca Juga : Manfaat Serum Untuk Kulit Wajah Yang Perlu Diketahui

Dan tentunya ditakutkan semakin banyaknya korban yang berjatuhan. Meskipun beberapa WNI telah melakukan konfirmasi bahwa sebagian besar WNI dalam kondisi baik-baik saja. Namun, Para WNI tersebut berharap dapat segera kembali pulang ke Tanah Air dan meninggalkan tempat berkembangnya virus tersebut.

Setibanya Di Indonesia, WNI akan Diisolasi Di Wilayah Asrama Haji Pondok Gede

Setelah proses evakuasi tersebut terlaksana, dan WNI berhasil dipulangkan di Indonesia. Ratusan WNI tersebut belum diperbolehkan untuk pulang ke rumah masing-masing. Sebab para WNI tersebut nantinya akan di karantina terlebih dahulu di asrama haji di wilayah pondok gede.

Hal tersebut juga dilakukan oleh pihak Pemerintah untuk mencegah terjadinya penyebaran virus tersebut di Indonesia. Sehingga dengan melakukan karantina setibanya WNI dari tiongkok tentu pihak pemerintah serta kementerian kesehatan dapat mengobservasi virus tersebut lebih dalam.

Sehingga jika semua WNI tersebut telah dinyatakan aman dari penyebaran virus corona. Maka ratusan WNI tersebut akan dipulangkan ke daerah masing-masing. Namun dalam hal ini, tentu butuh waktu yang lama untuk memastikan ratusan WNI tersebut aman dari penyebaran virus tersebut. sehingga pencegahan dalam penyebaran virus tersebut di Indonesia dapat berjalan dengan lancar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here