Waspada virus corona dari Wuhan Tiongkok telah membuat pemerintah berupaya untuk melakukan berbagai pencegahan. Namun, kunjungan warga negara asing dari tiongkok ke Surabaya Jawa Timur meningkat pada awal tahun 2020. Info tersebut berdasarkan data milik kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Imigrasi Kelas 1 di Surabaya, Nanang Mustofa. Nanang menyebutkan kunjungan WNA Tiongkok di awal tahun ini meningkat hingga 10 %.

Berdasarkan data terkini, telah tercatat sebanyak 671 WNA Tiongkok yang telah masuk di Jawa Timur sejak awal Januari 2020. Berdasarkan info dari Nanang, jumlah ini mengalami peningkatan dari total WNA Tiongkok yang datang pada desember tahun lalu yaitu sekitar 517 orang. Rata – rata WNA Tiongkok yang datang adalah untuk tujuan berwisata, lalu sebagian lagi untuk kegiatan bisnis.

Pihak Imigrasi Surabaya Melakukan Pengawasan Ketat

Untuk melakukan antisipasi penyebaran virus corona dari Wuhan di Tanah Air, imigrasi dengan sigap melakukan pengawasan khusus secara ketat. Hal tersebut tidak hanya diberlakukan untuk WNA yang berasal dari Tiongkok saja. Semua orang yang melakukan penerbangan luar negeri juga akan dicek secara khusus. Saat ini, imigrasi telah bekerja sama dengan tim kesehatan serta karantina.

Jika ditemukan hal yang mencurigakan, maka akan segera ditempatkan di ruangan khusus isolasi, lalu menolak kedatangan nya. Tim intelegen dan bandan pengawasan orang asing tetap melakukan pengawasan secara ketat. Yaitu dengan secara intensif melakukan operasi lapangan dengan mendatangi tempat – tempat yang diduga cukup mencurigakan.

Belum Ditemukan Wisatawan Yang Berasal Dari Wuhan

Berkaitan dengan data WNA Tiongkok yang telah masuk di Jawa Timur, sejauh ini belum ada yang berasal dari wilayah Wuhan. Badan Kanwil Kemenkumham Jatim, Krismono juga  menyatakan hal yang senada. Yaitu akan melakukan pengawasan menyeluruh kepada semua warga negara asing yang datang ke Indonesia dengan pengawasan yang ketat, tidak terkecuali warga negara asing dari Tiongkok saja.

Baca Juga : Batam Temukan Awak Kapal Tiongkok Diduga Terjangkit Virus Corona

Saat ini penyebaran virus corona telah merambah ke negara di sekitar China. Oleh sebab itu, pengawasan ketat dilakukan oleh pemerintah demi mencegah terjadinya kemungkinan terburuk. Berdasarkan berita terbaru, wilayah Indonesia di kelilingi dengan negara tetangga yang telah terinfeksi penyebaran virus corona dari Wuhan. Untuk itulah pemerintah harus lebih berhati – hati untuk mencegah hal terburuk.

Negara Yang Dikonvirmasi Terkena Virus Corona

Dalam kurun waktu kurang dari sebulan, virus corona yang berada dari Wuzan telah menyebar ke seluruh wilayah China, serta 14 negara lainnya. Mayoritas pasien yang terinfeksi virus ini berasal atau pernah singgah di Wuzan, lalu tiba di negara lain dengan pesawat. Ada juga pasien yang tertular dari pasien lainnya.

Berdasarkan perkembangan terkini, sudah tercatat ada 4193 kasus yang terjadi di Tiongkok, 106 pasien dikabarkan telah meninggal akibat dari virus corona. Lalu ke 14 negara lainnya yang telah terineeksi virus corona yaitu, Negara di wilayah Asia terutama asia tenggara dan asia timur, lalu amerika serikat, australia, serta beberapa negara di eropa yaitu perancis.

Di Indonesia sendiri masih belum terdeteksi adanya penyebaran virus corona dari Wuhan. Untuk itu, warga dihimbau untuk selalu menjaga kekebalan tubuh dengan melakukan gaya hidup sehat. Kekebalan tubuh yang kuat mampu mencegah penyebaran berbagai virus. Untuk itu, mulai dengan mengkonsumsi banyak buah dan sayuran segar, istirahat yang cukup, lakukan adab bersin yang baik, serta biasakan untuk rajin mencuci tangan. Lalu saat bepergian, selalu gunakan masker.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here